Kamis, 03 Maret 2011

Tahukah Anda Tentang Hal Berikut

Berikut ini saya akan memberitahu kepada para pembaca mengenai 9 hal yang mungkin sebelumnya belum anda ketahui, hal - hal tersebut mungkin menurut anda aneh, tidak masuk akal atau apapun istilahnya...
tapi inilah kenyataannya. dan berikut ini 9 hal tersebut :

1. Patung Liberty, kebanggaan dan simbol kota New York, ternyata bukan dibuat di New York. Patung tersebut, didesain oleh pemahat Prancis, bernama Frederic-Auguste Bartholdi. Patung Liberty dibangun dan disusun di Prancis pada tahun 1884. Patung Dewi Kemerdekaan tersebut dipersembahkan oleh rakyat Prancis kepada rakyat Amerika, sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan Amerika yang ke 100.

Setelah selesai dibuat di Prancis, patung tersebut di bongkardan dikemas dalam 200 muatan besar untuk dikirim ke Amerika. Patung Liberty selanjutnya disusun kembali di Bedloe’s Island di mulut pelabuhan kota New York. Sedemikian lama proses pengepakan ini sehingga Patung Liberty baru bisa diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886, sepuluh tahun setelah HUT kemerdekaan Amerika yang ke 100.

Dengan tinggi 46 meter dan berat 204 ton, Patung Liberty berdiri diatas landasan setinggi 46 meter. Bagian dalamnya diisi oleh rangka baja, sementara bagian luarnya dibuat dari plat tembaga. Rangka baja Patung Liberty, dibuat dan dirancang oleh Gustave Eiffel , orang yang juga merancang dan membangun Menara Eiffel.


2. Menurut beberapa survey. Yahoo.com adalah website yang paling sering dikunjungi di seantero internet. Dan anda mungkin sudah tau akan tentang hal itu, tetapi tahukah anda apa arti kata Yahoo??
Yahoo, ternyata sebuah singkatan. Menurut informasi resmi dari perusahaan tersebut. Yahoo adalah singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” yang berati “Satu Tempat Bertanya Segala Tahu Yang Disusun Bertingkat dan Hirarkis”.


3. Zaman sekarang tak kenal pasta gigi rasanya aneh. Namun, di cina. Terutama di pedesaan, orang yang tak kenal alat itu cukup banyak, sampai 60 persen. Parahnya lagi, dari mereka yang terbiasa menyikat gigi, 90% “tidak menyikat gigi dengan semestinya”.
Untuk membersihkan gigi, kebanyakan masyarakat cina pedesaan tersebut menggunakan jari atau handuk. Lalu untuk kumur, orang desa lebih suka menggunakan air putih atau teh. Yang kabarnya disukai juga oleh pemimpin mereka, Mao Zedong. Maka tak heran kalau gigi – gigi mereka berwarna kehijauan.


4. Di bulan Februari 1657, sebuah upacara kecil dilakukan di kota Tokyo, untuk menolak bala’. Dalam upacara kecil itu. Seorang pendeta bermaksud membakar sebuah kimono, yang di anggap membawa sial. Kimono tersebut telah dimiliki oleh tiga orang anak perempuan yang semuanya meninggal sebelum sempat menggunakannya.
Upacara ini tidak akan tercatat dalam sejarah, bila tidak ada buntutnya. Saat kimono tersebut dibakar, angin kencang berhembus dan api menyebar ikut melahap kuil tempat upacara dilakukan. Ternyata api tidak berhenti disitu, api ikut menghancurkan hamper tiga perempat bagian kota Tokyo.
Tercatat 300 kuil ikut terbakar, ditambah 500 bangunan besar, 9.000 toko, dan 61 jembatan. Korban yang jatuh dalam kebakaran besar tersebut mencapai sekitar 100.000 orang. Semua karena kimono pembawa sial.


5. Teleskop pertama dibuat pada tahun 1608 oleh orang belanda bernama Hans Lippershey. Teleskop tersebut memiliki dua lensa yang membiaskan cahaya dan membuat objek yang jauh kelihatan sangat dekat.
Setahun kemudian, seorang italia bernama Galileo Galilei menggunakan teleskop yang serupa untuk mempelajari bulan.


6. Nama Pasifik sebagai Lautan Teduh sebenarnya adalah keliru. Diceritakan saat pelayaran keliling dunianya, Magellan menyeberangi itu tanpa sekalipun menemui badai. Samudera yang luasnya tiga kali benua asia inipun kemudian diberi nama olehnya dengan sebutan “Mar Pasifico” (Lautan Teduh).
Magellan sebenarnya beruntung, karena secara kenyataan, Pasifik adalah samudera yang memiliki banyak banyak badai dan paling ganas di antara samudera-samudera lainnya dimuka bumi.


7. Minat orang jepang untuk naik kereta api begitu luar biasa karena mereka adalah penduduk yang paling sering naik kereta api diseluruh dunia), ternyata dimulai tahun 1850-an. Gairah mereka terhadap kereta api muncul hanya beberapa saat setelah jepang membuka diri kepada dunia setelah kunjungan Komodor Perry ke pelabuhan jepang.
Saat kunjungan kedua komodor Perry ke jepang, ia membawa serangkaian bingkisan bagi Shogun jepang saat itu, Hitotsubashi (1837 – 1902), dan satu diantara sekian banyak bingkisan itu adalah sebuah model miniatur kereta api yang terdiri dari sebuah lokomotif, gerobak arang, serta gerbong penumpang lengkap dengan rel sebesar 18 inchi, bergaris tengah 350 feet. Bingkisan ini digelar bagi masyarakat umum dan membangkitkan minat dalam bagi orang jepang pada masa itu.
Hanya dalam waktu singkat, di tahun 1897. Jepang telah berhasil membuat lokomotif sendiri dan diberi nama “Mikado”. Dan berhasil menembus pasaran amerika pada enam tahun kemudian.
Hingga Perang Dunia II, lokomotif jenis Mikado masih dipakai oleh amerika, dan pada masa itu nama Mikado diganti menjadi “Mikes” atapun “McArthur, agar namanya tidak terlalu berbau jepang.


8. Ludwig II, Raja Bavaria, memiliki obsesi aneh. Yaitu membangun sebuah kastil raksasa. Karena obsesi inilah ia terlibat hutang yang sangat besar.
Seorang kerabat Raja Ludwig, yaitu Kaisar Wilhelm I, menawarkan pinjaman 10 juta Mark. Namun Ludwig menolaknya karena pinjaman itu memiliki syarat hanya boleh digunakan untuk membayar hutang-hutang dan bukan untuk melanjutkan pembangunan kastil impiannya.
Di kemudian hari Ludwig gagal memperoleh pinjaman dari raja swedia dan norwegia untuk membangun kastil impiannya. Sedemikian terobsesinya, sehingga ia mengancam akan memenjarakan siapapun yang tidak membantunya membangun kastil impiannya. Dan setelah dia benar – benar gagal untuk membangun kastilnya, maka dia melakukan bunuh diri dengan cara menenggelamkan diri di tahun 1886.


9. Daerah Alaska dibeli Amerika dari Rusia pada tahun 1867, yaitu pada masa pemerintahan Menteri Dalam Negeri Willian Seward. Tanah Alaska adalah tanah termurah didunia, Amerika saat itu hanya perlu membayar 7,2 juta dollar untuk mendapatkan tanah seluas itu. (karena sampai saat ini menjadi Negara bagian terluas Amerika). Harga yang dibayar Amerika setara dengan 2 sen dollar per acre, atau kira – kira Rp.70,- per hektar.
Setelah pembelian Alaska, banyak nama yang diajukan kepada Kementerian Dalam Negeri bagi wilayah yang telah dibeli itu. Mulai dari Walrusia, Icebergia, hingga Seward Ice Box. Tetapi Seward tetap pada pendiriannya menggunakan nama yang berasal dari bahasa Aleut “Alakshah” yang berati “Negeri Besar”.



Itulah 9 hal yang mungkin masih belum anda ketahui. Saya yakin bahwa anda mungkin masih heran atau tidak percaya namun itu semua adalah FAKTA. untuk itu 9 hal tersebut saya kategorikan sebagai sejarah karena hal tersebut layak untuk dijadikan sejarah dan semoga hal tersebut diatas bisa bermanfaat dan mampu menambah pengetahuan kita semua....
Salam Perubahan... ^_^

0 Comment:

Posting Komentar

News